KTJug72ynWbPWyT6DVxmYAhBcG3Rpmwhax0WxvKV
Resiko Bisnis Dan Usaha Yang Harus Siap Dihadapi

Iklan Billboard 970x250

Resiko Bisnis Dan Usaha Yang Harus Siap Dihadapi

Lintasiana.com - Segala hal yang ada di dunia ini mempunyai resiko didalamnya karena tidak ada yang sempurna dan abadi di dunia ini termasuk didalam dunia perbisnisan maupun kewirausahaan.

Seorang wirausahawan atau pebisnis haruslah mempunyai jiwa berani dalam mengambil resiko karena tanpa keberanian itu, usaha yang dibangunnya akan susah dalam mencapai kata sukses.

Resiko Bisnis Dan Usaha Yang Harus Siap Dihadapi

Misalkan saja salah satu pebisnis dengan inisial A mempunyai asset yang bisa dibilang cukup bahkan lebih, dia mempunyai peluang untuk menanamkan modalnya di sebuah perusahaan tetapi si A tersebut takut akan resiko dan memilih untuk tidak menanamkan modal.

Resiko Bisnis Dan Usaha Yang Harus Siap Dihadapi
Resiko Bisnis Dan Usaha Yang Harus Siap Dihadapi

Selang beberapa bulan kemudian, perusahaan tadi sudah menjadi besar sehingga modal dari penanam balik berkali-kali lipat. Nah, si A hanya bisa menyesal karena tidak mau mencoba menanamkan modalnya.

Dari cerita diatas sudah bisa diketahui bahwa keberanian dalam mengambil resiko harus dimiliki oleh setiap pebisnis maupun wirausahawan dalam kata kutip harus cermat dan teliti.

Resiko-resiko didalam dunia bisnis maupun usaha itu sangatlah beragam. Apa saja resikonya? Kamu akan mengetahuinya setelah membaca artikel dibawah ini.

Resiko Bisnis Dan Usaha Yang Harus Siap Dihadapi

  • Terjadi Persaingan ‘Perang Harga’

Didalam dunia bisnis yang namanya perang harga seringkali dijumpai dan dirasakan bahkan oleh masyarakat biasa atau konsumen.

Contohnya sebuah produsen HP A mengeluarkan seri dengan spesifikasi tinggi, kemudian produsen HP B juga mengeluarkan seri dengan spesifikasi yang sama. Akhirnya banyak sekali flash sale maupun promo yang megah agar seri tadi bisa bersaing dengan yang lainnya.

Persaingan harga tidak hanya diderita oleh para produsen besar, tetapi produsen kecil atau wirausahawan pun seringkali mendapatkan persaingan tersebut.

  • Kurangnya Minat Publik Terhadap Produk Atau Jasa Yang Diberikan

Ini adalah resiko yang kerapkali menjumpai para produsen yang kurang teliti dalam meriset tingkat minat masyarakat atau bisa juga masyarakat yang sudah berubah bentuk minatnya.

Bisa jadi disaat kamu mengeluarkan produk atau jasa pertama kali, masyarakat sangat antusias dan bisa melariskan produkmu, tetapi setelah beberapa bulan akhirnya tingkat ketertarikan semakin berkurang.

Nah disini seorang pebisnis atau wirausahawan harus mempunyai ide dan kreatifitas agar produk maupun jasa yang dikeluarkan menjadi banyak peminatnya lagi.
  • Kekurangan Modal Dalam Produksi Atau Operasionalnya

Modal bisa dikatakan adalah kunci adanya sebuah produk, oleh karena itu seorang wirausahawan harus mampu memanage atau mengatur finansial didalam usahanya.

Banyak sekali perusahaan yang akhirnya gulung tikar karena sudah tidak mampu lagi memproduksi barangnya, membayar uang operasionalnya, dan lain sebagainya.
  • Mengalami Kerugian

Penjualan ke publik terkadang mengalami berbagai masalah salah satunya seperti kerugian.

Kebanyakan penyebab kerugian ini dikarenakan produk yang banyak mengalami kerusakan, kadaluwarsa, maupun gagal dalam urusan marketing yang pastinya produk akan sia-sia dan bisa menyebabkan tidak baliknya modal produksi.

Ditambah lagi dengan biaya operasionalnya yang tidak tercukupi yang akhirnya membuat pinjaman yang dapat menyita asset atau hal berharga lainnya.

Didalam dunia perbisnisan maupun kewirausahaan pasti akan banyak mengenal yang namanya resiko.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin bergelut didalam dunia perbisnisan dan menginginkan kesuksesan, kamu harus siap dan berani dalam mengambil sebuah resiko dengan cermat dan teliti.

Perencanaan sebelum membuat usaha atau produk juga harus dilakukan agar dapat mengurangi resiko yang muncul, seperti halnya riset tentang minat masyarakat terhadap produkmu.

Demikian artikel mengenai resiko bisnis dan usaha yang harus siap dihadapi, semoga informasi ini dapat menjadi referensi dan menjadi bekal bagi kamu yang ingin bergabung dalam hal kewirausahaan dan perbisnisan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment