KTJug72ynWbPWyT6DVxmYAhBcG3Rpmwhax0WxvKV
Tips Meminjam Uang Online Yang Aman

Iklan Billboard 970x250

Tips Meminjam Uang Online Yang Aman


Anda yang saat ini mengalami kondisi dimana penghasilan anda lebih sedikit daripada kebutuhan anda. Dan hal tersebut membuat anda harus mencari pinjaman untuk menutupi kebutuhan anda. Dari mulai meminjam ke saudara, teman, tetangga bahkan bank.



Namun kebanyakan saat anda meminjam pada saudara, teman atau tetangga mereka cenderung enggan untuk memberikan pinjaman karena alasan ekonomi yang tidak jauh dari kondisi ekonomi anda.

Melakukan peminjaman di Bank juga tidak semudah anda membalikan telapak tangan dan proses peminjaman di Bank juga ribet serta bunganya pun juga tinggi. Keadaan tersebut pasti membuat anda berahli untuk mencari pinjaman secara online.

Pinjaman secara online saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat karena syarat dan transaksinya tidak ribet. Namun anda harus lebih berhati-hati karena tindak kecurangan bisa terjadi dimana saja, dalam situs atau perusahaan pinjaman secara online juga banyak terjadi penipuan.Berikut ini kami berikan tips meminjam uang online yang aman.



Tips Meminjam Uang Online Yang Aman
1.    Hindari peminjaman yang ada paksaan.
Saat anda mengajukan sebuah pinjaman secara online kepada sebuah perusahaan tertentu atau situs pinjaman online tertentu. Anda perlu waspada jika terjadi sikap paksaan dari pihak tersebut.

Misalkan anda masih ragu untuk jadi meminjam, namun dari pihak kreditur (pemberi pinjaman) tetap memaksa anda untuk meminjam dengan iming-iming tertentu. Adanya iming-iming tertentu dan paksaan tersebut adalah kemungkinan besar modus penipuan yang ingin menjerat anda.

2.    Hindari sikap mengabaikan riwayat pinjaman.
Dalam proses peminjaman baik di bank maupun online, hal yang umum akan dilakukan oleh pihak kreditur adalah menanyakan riwayat peminjaman anda. Jadi jika anda pernah meminjam uang di bank atau perusahaan lain sebelumnya itu akan tercatat pada sistem informasi debitur atau disebut dengan SID.

Sehingga pihak kreditur yang akan anda tuju akan mengakses terlebih dahulu riwayat pinjaman anda. Apakah anda mempunyai riwayat peminjaman yang baik atau buruk itu akan terlihat pada SID.

Jika proses pelacakan riwayat peminjaman tidak dilakukan oleh pihak kreditur, maka anda harus waspada. Kemungkinan besar juga termasuk dalam penipuan, karena riwayat peminjaman sangat penting untuk diketahui agar nantinya pihak kreditur dapat menimbang sejauh mana anda dapat dipercaya untuk diberikan pinjaman.

3.    Hindari pembayaran uang muka untuk pencairan
Tips meminjam uang online yang aman berikutnya adalah anda harus sangat waspada apabila anda diminta oleh pihak kreditur untuk melakukan pembayaran uang di muka sebagai syarat dana anda dapat dicairkan.

Tindakan kreditur seperti itu sangat terlihat bahwa itu penipuan. Karena hal tersebut bukanlah syarat dalam peminjaman uang, logikanya ketika  anda pinjam uang maka anda butuh uang lebih dari pihak kreditur bukan sebaliknya anda memberikan uang.

Jika hal tersebut terjadi pada anda maka dengan sangat kami sarankan agar anda menolak peminjaman dipihak yang melakukan syarat pembayaran uang muka untuk pencairan dana pinjaman.

Namun jika anda diminta untuk membayar uang muka dalam jumlah yang sangat wajar sebagai biaya administrasi seperti uang ganti materai, hal tersebut sangat wajar dan tidak perlu anda hindari.

4.    Hindari peminjaman pada kreditur yang tidak resmi
Kreditur online atau penyedia jasa peminjaman online saat ini di Indonesia sudah banyak tersedia. Dan dari banyakya penyedia jasa tersebut pasti ada yang sudah terdaftar resmi sebagai jasa penyedia layanan pinjaman online.

Hal tersebut dapat anda lihat dari sertifikat atau daftar penyedia jasa pinjaman online yang telah diresmikan oleh pemerintah. Daftar tersebut dapat dengan mudah anda akses di Internet. Sehingga anda akan mengetahui beberapa penyedia layanan pinjaman online yang terpercaya.

5.    Hindari Mekanisme Pinjaman Online Tidak Sistematis
Saat anda melakukan peminjaman online anda akan diminta untuk melakukan beberapa tahapan seperti pengisian biodata, kemudian akan diberikan penjelasan terkait pembayaran cicilan serta bunga dan lain sebagainya.

Jika mekanisme yang anda lakukan nampak mencurigakan atau anda tidak nyaman maka anda harus waspada dan lebih baik hindari peminjaman pada kreditur atau penyedia jasa peminjaman online tersebut agar aman.

Demikian beberapa Tips Meminjam Uang Online Yang Aman. Hal yang paling penting adalah anda harus teliti sebagai calon debitur agar tidak menyesal saat anda menjadi korban penipuan. Anda bisa menerapkan beberapa Tips Meminjamn Uang Online Yang Aman diatas agar tidak terjadi penyeselan dikemudian hari.

SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment